PANTI ASUHAN YAYASAN BUDI NIDA ASIH

Mukaddimah

Ust. Achmad Shuhari Juhri adalah tokoh dibalik berdirinya Sebuah Yayasan yang bergerak pada bidang panti asuhan juga pendidikan Islam. Hal ini dilakukan karena fakta yang terjadi di daerah tempat tinggalnya yaitu Bandar Lampung dan sekitarnya masih banyak anak yatim piatu dan fakir miskin yang masih terabaikan dan kurang perhatian baik dari masyarakat maupun pemerintah setempat. Dengan dibantu oleh rekan-rekannya maka pada tanggal 11 Februari 2004 didirikanlah sebuah yayasan social diberi nama Yayasan Budi Nida Asih. Yayasan ini berdiri dengan Akta Notaris Hendri Gunadi, S.H, No 02 tanggal 11 Februari 2004 dan SK Mentri Kehakiman & HAM RI no.C-418.HT.03.01 serta Dinas Sosial Pemerintah Propinsi Lampung No 465/046/orsos/B.IV/2009.

Yayasan Budi Nida Asih dari Muka Depan

Panti Asuhan Budi Nida Asih didirikan sebagai wujud komitmen dari Yayasan Budi Nida Asih untuk memfasilitasi anak yatim piatu, anak fakir miskin dan anak terlantar serta anak putus sekolah agar mempunyai kesempatan yang sama dengan anak-anak lainnya untuk mengembangkan diri secara personal, akademis, ketrampilan umum dan pembinaan akhlaqul karimah.

Anak-anak Panti Asuhan sedang berkumpul

Konsep panti asuhan ini merupakan panduan konsep pondok pesantren dengan program pemberian beasiswa di sekolah formil serta diiringi dengan program pembinaan keagaman juga pembekalan keterampilan bagi para santri-santrinya. Panti Asuhan dan pendidikan keislaman ini berusaha dikelola dengan professional oleh tenaga pengajar yang kompeten.

Character Building menjadi pelajaran utama pada jenjang awal pendidikan. Karena character building seperti kemudi yang mengendalikan moral dan etika anak asuh untuk selalu konsisten berada pada jalan kebaikan dan kebenaran. Dengan character building, pengaruh-pengaruh negatif yang datang dari luar dapat diantisipasi. Konsep pendidikan inilah yang diterapkan pada anak asuh Budi Nida Asih.

Saat ini panti asuhan Budi Nida Asih telah tujuh tahun berdiri dan mengasuh 54 anak yang berasal dari berbagai daerah di Propinsi Lampung dan beberapa daerah lainnya dengan kisaran mulai dari sekolah dasar sampai sekolah menengah atas. Secara detail dapat dilihat pada tabel di bawah ini

Jenis Kelamin SD SMP SMA Jumlah
Laki-Laki 20 7 4 31
Perempuan 12 5 6 23
Jumlah 32 12 10 54

Panti Asuhan Budi Nida Asih memfasilitasi anak asuh dalam bentuk penyediaan asrama tempat tinggal baik putra maupun putri, makan sehari-hari, pakaian, biaya pendidikan sekolah formal, pendidikan informal dengan materi keagamaan, pembinaan akhlaqul karimah, dan beberapa pelatihan ketrampilan dan kepemimpinan.

Sumber pembiayaan Yayasan Budi Nida Asih sampai dengan saat ini hanya berasal dari sumbangan sukarela masyarakat dan belum mendapat bantuan dari instansi pemerintah serta belum memiliki bentuk usaha produktif untuk pembiayaan mandiri Panti Asuhan.

di sudut kamar anak panti budi nida asih

Susunan Pengurus

Dewan Penasehat       : H SHOMADI SIDHARTA, S.Sos.
Hi. SEPTIYAN SALEH
SUPARDI S.E.

Ketua                           : ACHMAD SHUHARI
Wakil ketua                 : MULYANAH
Sekretaris                    : MUHAMMAD HABIBI
Bendahara                  : AHMAD FEBI JAYA, SH
Koord. Kerohanian      : UST. BURHANUDIN
Koord. Identifikasi       : ALI FIKRI
Koord. Kesehatan        : ANNISA FITRIANI
Koord. Humas              : HADISAH
Koord. Panti Asuhan    : RIFKAH DEWI, SE
Koord. Penyalur          : USTAD AMIR
Koord. Perlengkapan  : ANNA FASLIHAH

Visi
Menjadi Rumah asuh, pusat pendidikan dan pembinaan yang modern bagi para anak yatim piatu, anak fakir miskin, dan anak terlantar sehingga mampu menjadi pelopor dalam kehidupan bermasyarakat, kokoh dalam keimanan dan ketakwaan, memiliki jiwa kepemimpinan (leadership), mandiri, professional serta memiliki tanggung jawab untuk memajukan lingkungannya di manapun mereka berada (rahmatan Alamin).

Misi
Mendirikan panti asuhan serta menyelenggarakan pendidikan umum dan pembinaan akhlak kepada anak-anak yatim piatu, fakir miskin, dan anak terlantar agar :

  1. Memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap positif/akhlak yang dibutuhkan
    dalam memasuki kerja professional maupun wirausaha sehingga memiliki penghasilan yang layak guna memenuhi kebutuhan hidupnya
  2. Memiliki jiwa kepemimpinan dalam dunia professional maupun keagamaan
  3. Mempelopori pendirian usaha-usaha mandiri yang produktif untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Tujuan

  1. Membantu para yatim piatu dan fakir miskin agar dapat menyelesaikan pendidikan formalnya sesuai dengan jenjang pendidikannya
  2. Membantu para yatim piatu dan fakir miskin agar dapat memiliki keterampilan yang memadai agar kelak menjadi manusia yang mandiri.
  3. Memberikan bimbingan dan pembinaan kepada para yatim piatu dan fakir miskin agar menjadi pribadi-pribadi yang cerdas, memiliki akhlak yang baik, jujur dan amanah, bertanggung jawab terhadap diri dan lingkungannya serta agama

Permasalahan
Sampai saat ini sarana prasarana Panti Asuhan Budi Nida Asih belum dapat dikatakan layak. Karena sumber pendanaan hanya berasal dari internal yayasan dan donatur tidak tetap. Fasilitas yang ada hanya berupa musholla yang sekaligus sebagai tempat pendidikan informal keagamaan, asrama putra dan putri, kantor dan tiga ruangan pengasuh. Sementara sarana lain seperti MCK dan dapur masih dalam kondisi yang memprihatinkan.

anak panti sedang membaca dan belajar sambil berdiri

Dengan jumlah anak asuh yang ada pada saat ini, kemampuan daya dukung sarana prasarana bagi anak asuh sangat renda, sehingga kebersihan, kesehatan dan kenyamanan amat jauh dari kondisi layak. Keadaan asrama dan ruang beraktifitas bagi anak asuh pun sangat sempit dan terbatas.

Sementara setiap tahun, masyarakat fakir miskin dan dhuafa yang berniat mendaftarkan anaknya agar bisa menjadi anak asuh di panti asuhan ini cukup banyak. Hampir 30-40 fakir miskin, yatim piatu dan anak terlantar di setiap tahun ajaran baru berniat menjadi anak asuh. Tetapi mengingat kapasitas sarana dan prasarana yang tidak berimbang dengan jumlah anak yang mendaftar, dengan sangat terpaksa pihak Yayasan membatasi jumlah anak yang diterima.

Sebagai yayasan yang berkomitmen untuk menjadi pusat pendidikan akhlak dan pembinaan bagi para anak yatim piatu, anak fakir miskin, dan anak terlantar agar mereka mampu menjadi pelopor dalam kehidupan bermasyarakat, Yayasan Budi Nida Asih merasa prihatin dengan kondisi seperti ini. Maka pengurus yayasan memberanikan diri untuk membangun Panti Asuhan di lokasi yang baru dan lebih kondusif agar proses pendidikan dan pembinaan dapat berlansung dengan baik dan dapat menampung anak asuh lebih banyak.

Pelaksanaan Pembangunan

Pelaksanaan pembagunan sarana dan prasarana yayasan Budi Nida Asih telah dimulai sejak awal tahun 2009 dan di targetkan selesai pada Juni 2012. Saat ini pembangunan sedang berjalan dan baru terbangun 25%. Lokasi pembangunan panti asuhan yang baru berlokasi di Jln Nangka Gg. Setial No. 27 Sepang Jaya, Kedaton Bandar Lampung.

Proses Pembangunan

pembangunan yayasan

pembangunan yayasan

pembangunan yayasan


Anggaran Dana

Pekerjaan   : Pembangunan Panti Asuhan Budi Nida Asih
Lokasi         : Jln Nangka Gg. Setial No. 27 Sepang Jaya, Kedaton Bandar Lampung
Tahun Anggaran         : 2009

No Uraian Pekerjaan Biaya (rupiah)
1 Pekerjaan Persiapan 3.924.115,56
2 Pekerjaan Tanah 28.229.365,73
3 Pekerjaan Pasangan 165.153.637,71
4 Pekerjaan Beton 646.147.361,79
5 Pekerjaan Lantai 101.191.982,35
6 Pekerjaan Atap 205.809.181,05
7 Pekerjaan Platfond 139.866.252,03
8 Pekerjaan Kusen, Pintu & Jendela 72.090.225,05
9 Pekerjaan Pengecatan 83.319.932,65
10 Pekerjaan Sanitasi Air 14.470.896,35
11 Pekerjaan Instalasi Listrik 10.975.992,50
12 Finishing dan Lain-lain 59.011.550,56
Total Biaya (rupiah)

Diibulatkan

1.530.190.493,33

1.530.191.000,00

Terbilang: Satu milyar lima ratus tiga puluh juta seratus sembilan puluh satu ribu rupiah

Bantuan yang dibutuhkan

Setidaknya member kerjasosial dapat ikut serta dalam pilihan bantuan yang tertera di bawah ini. Untuk saat ini Panti Asuhan Budi Nida Asih membutuhkan uluran tangan para relawan dan donatur berupa:

  1. Subsidi Beasiswa pendidikan Rp 100.000/anak/bulan
  2. Subsidi Biaya dan bahan pangan sembako untuk makan sehari-hari
  3. Pakaian layak pakai
  4. Alat tulis, komputer, meja belajar, lemari buku, dll
  5. Wakaf Tunai Pembangunan Panti Asuhan Budi Nida Asih
  6. Wakaf barang berupa kebutuhan material pembangunan Panti Asuhan
  7. Tenaga pengajar skill dan motivasi (ketika panti yang baru sudah berdiri)

Alamat & Donasi

Bagi member kerjasosial atau pembaca artikel yang dermawan setelah membaca artikel ini tergerak untuk berdonasi atau melakukan kerja sosial maka dapat menghubungi sekretariat Panti Asuhan Budi Nida Asih di Jln. Ratu Dibalau No 134 Tanjung Senang, Bandar Lampung
Telp. (0721) 7474876, (0721) 771425 atau HP: 085294506413 (dewi)
www.budinidaasih.blogspot.com

Bantuan Donasi dapat disalurkan di Bank BRI Syariah Cabang Tanjung Karang
No. Rekening 100.255.0667 Atas nama Rifkah Dewi

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>